PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN SISWA DI SMK SWASTA JAMBI MEDAN
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui deskripsi tentang kualitas pelayanan pendidikan terhadap kepuasan siswa di SMK Swasta Jambi Medan. Kualitas pelayanan pendidikan terhadap kepuasan siswa yang dimaksud disini adalah hasil evaluasi siswa tehadap kualitas pelayanan pendidikan meliputi aspek tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty dengan membandingkan antara harapan dan kenyataan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pendidikan yang meliputi aspek tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty berpengaruh positif terhadap kepuasan siswa. Aspek tangible tidak berpengaruh signifikan sedangkan aspek lainnya berpengaruh signifikan dan emphaty mempunyai pengaruh paling tinggi dibandingkan dengan empat variabel bebas lainnya.
Koefisien determinasi adalah 0,521 yang berarti aspek kualitas pelayanan tersebut mampu menjelkan variabel niali kepuasan siswa sebesar 52,1% sisanya 47,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar model pnelitian ini.
Collections
- Manajemen [1151]