PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGATERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KANTIN UHN(STUDI KASUS MAHASISWA UNIVERSITASHKBP NOMMENSEN MEDAN)
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengetahui pengaruhkualitas produk dan persepsi hargasecaraparsialmaupunsimultanterhadapkeputusanpembelian. Penelitianinidilakukan pada tahun 2019 selama 1 tahun. Metodepenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodekuantitatif, Jumlahpopulasi dalampenelitianiniberjumlah 100 orang. Pemilihansampel dilakukandenganmenggunakanteknik purposive sampling dan rumus Hair yang akanmenjadi 52 orang. Hasil pengujiansecaraparsial (uji-t) menunjukkanvariabelkualitasproduktidakberpengaruhpositif dan tidaksignifikanterhadapkeputusanpembeliansedangkanvariabelpersepsihargaberpengaruhpositif dan signifikanterhadapkeputusanpembelian. Hasil pengujiansecarasimultan (uji-F) menunjukkanvariabelkualitasproduk dan persepsihargasecarasimultanberpengaruhsignifikanterhadapkeputusanpembelian. Hasil pengujiananalisisregresi linear bergandayaitu Y = 4,800 + 0,010 X1 – 0,567 X2 + e dimanakualitasprodukmemilikinilaikoefisienpositif dan koefisienpersepsihargabernilai negative. Hasil uji koefisiendeterminasi (R2) menunjukkanR Squaresebesar 0,322, haliniberarti 32,2% variabeldependendapatdijelaskanvariabelindependen, sedangkansisanya 67,8% dijelaskan oleh faktor lain yang tidakditelitidalampenelitianini.
Collections
- Manajemen [1151]