PENGARUH RASIO KEUANGAN, REPUTASI AUDITOR, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA (2019-2021)
Abstract
reputasi auditor, ukuran perusahaan terhadap opini audit going concern. Pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman di BEI periode 2019-2021.Variabel bebas nya adalah rasio keuangan, reputasi auditor, dan ukuran perusahaan sedangkan variabel terikat nya adalah opini audit going concern. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan uji menilai kelayakan model regresi, menilai keseluruhan model (Overall Model Fit), Koefisien determinasi (NagelKerke R Square), Matriks Klasifikasi. Adapun populasi penelitian ini adalah keseluruhan perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021, yakni sebanyak 30 perusahaan, dengan metode purposive sampling, diperoleh sampel penelitian yaitu sebanyak 22 perusahaan.
Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan metode analisis regresi logistik, maka dapat diperoleh hasil penelitian bahwa pengaruh Rasio Profitabilitas (ROA) berpengaruh dan signifikan terhadap opini audit going concern, Reputasi Auditor tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap opini audit going concern Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap opini audit going concern.
Collections
- Akuntansi [1723]