• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REFLECT dan REVIEW (SQ4R) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BERITA SISWA/I KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEI KANAN KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN, TA 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    MARIA RAHAYU BR GURNING.pdf (252.7Kb)
    Date
    2023-12-14
    Author
    BR. GURNING, MARIA RAHAYU
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Sei Kanan telah menggunakan kurikulum 2013 (K13) namun hasil pra penelitian yang dilakukan peneliti melalui wawancara dengan guru bahahasa indonesia menyatakan kalau dari 50 orang siswa dikelas saat pembelajaran membaca pemahaman hanya sekitar 25 siswa saja yang mencapai KKM. Oleh hal itu untuk mengatasi masalah tersebut dan agar proses pembelajaran lebih efektif, guru sebaiknya memilih dan menggunakam metode daalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (SQ4R) merupakan metode pembelajaran yang dapat memperkuat pemahaman siswa terhadap materi yang dibacanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada Pengaruh Penggunaan metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review, dan Reflect (SQ4R) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tindakan experiment dan desain penelitian Posttest-Only Control Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Teknik sampel pada penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Tekni pengumpulan yang digunakan yaitu tes, kemudian data hasil tes diperoleh lalu dilakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai yang diperoleh dalam kelas eksperimen yaitu, dari 30 orang siswa dengan nilai rata- rata 83.5, yang mendapat nilai sangat baik dilihat dari hasil tes terdapat 13 orang siswa atau 43.3%, yang mendapat nilai baik terdapat 14 orang siswa atau 46.7%, dan yang mendapat nilai cukup hanya 3 orang siswa atau 10%. Karena t0 lebih besar dari ttabel yaitu 1.67 < 9.33. Maka hipotesi nol (h0) ditolak dan hipotesis akhir (hα) diterima. Hal ini membuktikan bahwa Penggunaan Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review, dan Reflect (SQ4R), berpengaruh Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita 61 Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun pembelajaran 2023/2024. Pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Sei Kanan telah menggunakan kurikulum 2013 (K13) namun hasil pra penelitian yang dilakukan peneliti melalui wawancara dengan guru bahahasa indonesia menyatakan kalau dari 50 orang siswa dikelas saat pembelajaran membaca pemahaman hanya sekitar 25 siswa saja yang mencapai KKM. Oleh hal itu untuk mengatasi masalah tersebut dan agar proses pembelajaran lebih efektif, guru sebaiknya memilih dan menggunakam metode daalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (SQ4R) merupakan metode pembelajaran yang dapat memperkuat pemahaman siswa terhadap materi yang dibacanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada Pengaruh Penggunaan metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review, dan Reflect (SQ4R) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tindakan experiment dan desain penelitian Posttest-Only Control Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Teknik sampel pada penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Tekni pengumpulan yang digunakan yaitu tes, kemudian data hasil tes diperoleh lalu dilakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai yang diperoleh dalam kelas eksperimen yaitu, dari 30 orang siswa dengan nilai rata- rata 83.5, yang mendapat nilai sangat baik dilihat dari hasil tes terdapat 13 orang siswa atau 43.3%, yang mendapat nilai baik terdapat 14 orang siswa atau 46.7%, dan yang mendapat nilai cukup hanya 3 orang siswa atau 10%. Karena t0 lebih besar dari ttabel yaitu 1.67 < 9.33. Maka hipotesi nol (h0) ditolak dan hipotesis akhir (hα) diterima. Hal ini membuktikan bahwa Penggunaan Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review, dan Reflect (SQ4R), berpengaruh Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita 61 Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun pembelajaran 2023/2024.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9800
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback