• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Pertanian
    • Agribisnis
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Pertanian
    • Agribisnis
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS NILAI TAMBAH USAHA RUMAH TANGGA KOLANG KALING SERTA SISTEM PEMASARAN

    Thumbnail
    View/Open
    MARTA TIARMA P. SINURAT.pdf (247.7Kb)
    Date
    2023-12-14
    Author
    SINURAT, MARTA TIARMA P.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Untuk Mengetahui berapa besar nilai tambah pengolahan buah aren menjadi kolang kaling di Desa Simantin Pane Dame Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun. 2) Untuk mengetahui bagaimana sistem pemasaran (saluran,margin,dan efisiensi) tingkat pemasaran produk kolang kaling di Desa Simantin Pane Dame Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun. Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder, dimana digunakan metode analisis deskriptif. Penentuan daerah penelitian dilakukan dengan secara sengaja (Purposive sampling). Dengan jumlah responden 4 responden yang dimana 2 responden merupakan pengusaha kolang kaling dengan produksi tertinggi dan terendah dan 2 respon yang merupakan toke besar dan pengecer yang ada di Desa Simantin Pane Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun. Kesimpulan dalam penelitian ini : 1) Nilai tambah yang dihasilkan dari pengolahan kolang kaling terbesar Kaleda Sinaga adalah sebesar Rp1.701/Kg per bulan di daerah penelitian dan tingkat rasio nilai tambah yang dihasilkan adalah sebesar 46%, sedangkan nilai tambah yang dihasilkan dari pengolahan kolang kaling terkecil adalah Pandapotan Sipahutar sebesar Rp1.325/Kg per bulan di daerah penelitian dan tingkat rasio nilai tambah yang dihasilkan adalah sebesar Rp45%. 2) Saluran pemasaran Kolang Kaling di Desa Simantin Pane Dame Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun mempunyai 2 (dua) pola saluran pemasaran yaitu; a. Pengusaha RT Toke Besar (Simantin Pane) Pengecer (Siantar) b. Pengusaha RT Konsumen 3) Total margin pemasaran pada saluran pemasaran di Desa Simantin Pane Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun yaitu sebesar Rp. 5.000/Kg yang dipasarkan dalam bentuk bahan baku setengah jadi. 4) Efisiensi usaha pengolahan pembuatan kolang kaling di Desa Simantin sebesar 50% sehingga dapat dikatakan efisien jika EP > 50% maka pemasaran kolang kaling efisien. Berdasarkan Penelitian ini, penulis memberi saran-saran yaitu 1) Kepada para pengusaha yang mengusahakan pengolahan pembuatan kolang kaling, sebaikanya mencari peluang baru dalam mengembangkan usaha kolang kaling mereka, supaya mereka tidak hanya mengolah buah aren menjadi kolang kaling, melainkan dapat mengolah kolang kaling ini menjadi makanan yang enak seperti menciptakan hal baru dengan bahan sadar kolang kaling seperti manisan kolang kaling untuk dikonsumsi sehingga tercipta nilai tambah dalam usaha mereka tersebut. 2) Kepada para pemerintah daerah agar memberikan perhatian khusus untuk pengusaha kolang kaling, misalnya dengan menyediakan modal agar menciptakan produk terbaru dengan bahan dasar kolang kaling untuk mendukung peningkatan produksi tujuannya meningkatkan minat konsumen di pasar.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9795
    Collections
    • Agribisnis [270]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback