• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENGGUNAAN METODE SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK DI KELAS IX SMP NEGERI 1 DOLOK SILAU TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

    Thumbnail
    View/Open
    VIA NIRVANA SIPAYUNG.pdf (285.6Kb)
    Date
    2023-12-13
    Author
    SIPAYUNG, VIA NIRVANA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui “Pengaruh Penggunaan Metode Self Directed Learning Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek di Kelas IX SMP NEGERI 1 DOLOK SILAU. Sampel penelitian ini yakni satu kelas sebanyak 30 siswa yang dipilih secara cluster sampling yaitu kelas IX 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah berupa soal penugasan yang dilakukan pada pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05. Dari data perhitungan diperoleh rata-rata dari pretest adalah 53,86 dan rata-rata pada posttest adalah 70,90, thitung > ttabel (8,562>1,70113). Dengan demikian hipotesis nihil bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Metode Self Directed Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis cerita pendek.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9764
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback