PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI KOTA MEDAN
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui “Pengaruh Dukungan Sosial Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Kota Medan. Penelitian ini dilakukan kepada individu Mahasiswa yang ada di Kota Medan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah simple random sampling. Simple random sampling merupakan teknik pengambilan sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Sehingga diperoleh sampel untuk penelitian ini sebanyak 348 orang. Instrumen Psikologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah yang skala Dukungan Sosial Orangtua skala ini disusun berlandaskan teori yang dikemukakan oleh Sarafino dan Smith dan skala Motivasi Belajar skala ini disusun berlandaskan teori yang dikemukakan oleh Santrock. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif. Teknik analisis data dalam kuantitatif menggunakan statistik. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif. Teknik analisis data dalam kuantitatif menggunakan statistik. Asumsi utama peneliti adalah data yang diteliti harus berdistribusi normal dan regresi harus terpenuhi secara normal. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap motivasi belajar pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di kota medan berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang negatif antara dukungan sosial dan motivasi belajar.
Collections
- Ilmu Psikologi [287]