KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA MEDAN DALAM PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah yaitu untuk mengetahui Kebijakan Pemerintah Kota Medan Dalam Pemberdayaan UMKM Melalui Digital Marketing. Pada penelitian ini penulis mengamati bahwa UMKM menjadi salah sektor usaha yang menopang perekonomian Kota Medan, dimana UMKM Kota Medan meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun sejak tahun 2020 hingga 2022. Namun pelaku UMKM kurang memahami cara memasarkan produknya melalui media digital saat ini. Dengan potensi UMKM yang cukup besar, Kota Medan masih memiliki kendala dalam pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kebijakan Pemerintah Kota Medan Dalam Pemberdayaan UMKM Melalui Digital Marketing.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan secara terperinci dan mendalam mengenai Kebijakan Pemerintah Kota Medan Dalam Pemberdayaan UMKM Melalui Digital Marketing. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diketahui bahwa Pemerintah Kota Medan memiliki kebijakan dalam mengembangkan pemberdayaan UMKM, hanya saja masih ada hambatan dengan adanya pelaku usaha Mikro yang belum memanfaatkan pemasaran melalui digital marketing dengan maksimal. Mayoritas UMKM di kota medan belum memahami pentingnya konsep-konsep bauran pemasaran digital marketing dalam meningkatkan penjualan. Hal ini berakibat sulitnya UMKM untuk bersaing dengan merk-merk yang memiliki modal besar.
Collections
- Ilmu Administrasi Negara [269]