dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan positif antara dukungan sosial orang tua dengan prestasi belajar. Sampel penelitian adalah 112 siswa kelas II Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Ogan, kabupaten Humbang Hasundutan. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah skala dukungan sosial orang tua berdasarkan bentuk-bentuk dukungan sosial yang dikemukakan oleh Sarafino (2011), meliputi dukungan emosional, dukungan instrumental, dukungan informasional, dukungan penghargaan dan dukungan jaringan sosial. Prestasi belajar diperoleh dari rekapitulasi laporan harian yang dicatat secara berkala setiap semester ke dalam buku rapor selama 6 bulan pertama (semester 1) kelas II tahun ajaran 2013/2014 untuk 10 mata pelajaran. Berdasarkan hasil uji korelasi Pearson, ditemukan ada hubungan yang signifikant antara dukungan sosial orang tua dengan prestasi belajar, yaitu sebesar 0.741. Artinya, semakin besar dukungan sosial orang tua, semakin baik prestasi belajar yang dapat dicapai siswa. | en_US |