Show simple item record

dc.contributor.authorRosito, Asina Christina
dc.date.accessioned2018-04-06T04:24:17Z
dc.date.available2018-04-06T04:24:17Z
dc.date.issued2016-04
dc.identifier.isbn9786027498600
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/968
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan positif antara dukungan sosial orang tua dengan prestasi belajar. Sampel penelitian adalah 112 siswa kelas II Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Ogan, kabupaten Humbang Hasundutan. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah skala dukungan sosial orang tua berdasarkan bentuk-bentuk dukungan sosial yang dikemukakan oleh Sarafino (2011), meliputi dukungan emosional, dukungan instrumental, dukungan informasional, dukungan penghargaan dan dukungan jaringan sosial. Prestasi belajar diperoleh dari rekapitulasi laporan harian yang dicatat secara berkala setiap semester ke dalam buku rapor selama 6 bulan pertama (semester 1) kelas II tahun ajaran 2013/2014 untuk 10 mata pelajaran. Berdasarkan hasil uji korelasi Pearson, ditemukan ada hubungan yang signifikant antara dukungan sosial orang tua dengan prestasi belajar, yaitu sebesar 0.741. Artinya, semakin besar dukungan sosial orang tua, semakin baik prestasi belajar yang dapat dicapai siswa.en_US
dc.publisherLembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat Universitas HKBP Nommensenen_US
dc.subjectDukungan sosial orangtuaen_US
dc.subjectprestasi belajaren_US
dc.titleHubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Prestasi Belajaren_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record