• Login
    View Item 
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - National Published Articles
    • View Item
    •   Home
    • Lecture Papers
    • LP - National Published Articles
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Prestasi Belajar

    Thumbnail
    View/Open
    main article (904.5Kb)
    Date
    2016-04
    Author
    Rosito, Asina Christina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan positif antara dukungan sosial orang tua dengan prestasi belajar. Sampel penelitian adalah 112 siswa kelas II Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Ogan, kabupaten Humbang Hasundutan. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah skala dukungan sosial orang tua berdasarkan bentuk-bentuk dukungan sosial yang dikemukakan oleh Sarafino (2011), meliputi dukungan emosional, dukungan instrumental, dukungan informasional, dukungan penghargaan dan dukungan jaringan sosial. Prestasi belajar diperoleh dari rekapitulasi laporan harian yang dicatat secara berkala setiap semester ke dalam buku rapor selama 6 bulan pertama (semester 1) kelas II tahun ajaran 2013/2014 untuk 10 mata pelajaran. Berdasarkan hasil uji korelasi Pearson, ditemukan ada hubungan yang signifikant antara dukungan sosial orang tua dengan prestasi belajar, yaitu sebesar 0.741. Artinya, semakin besar dukungan sosial orang tua, semakin baik prestasi belajar yang dapat dicapai siswa.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/968
    Collections
    • LP - National Published Articles [249]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback