Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Prokrastinasi Akademik
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari self-regulated learning terhadap prokrastinasi akademik. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah terdapat pengaruh negatif dari self-regulated learning terhadap prokrastinasi akademik. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 11 Medan. Sampel penelitian adalah 125 orang (laki-laki 72 orang dan perempuan 53 orang) siswa aktif di SMK Negeri 11 Medan.
Analisis data dilakukan dengan analisis regeresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif yang signifikan dari self-regulated learning terhadap prokrastinasi akademik β = -0.22 (p < 0.01), dan nilai F=11.9 (p < 0.01) serta R Square = 0.089. Hasil penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan self-regulated learning memiliki pengaruh negatif secara signifikan terhadap prokrastinasi akademik. Artinya, setiap peningkatan dalam self-regulated learning akan diikuti dengan penurunan prokrastinasi akademik. Demikian juga sebaliknya, setiap penurunan dalam self-regulated learning akan diikuti dengan peningkatan dalam prokrastinasi akademik.