• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Ilmu Administrasi Negara
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Ilmu Administrasi Negara
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD AND CLEAN GOVERNANCE DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus Pada Kantor SAMSAT Balige)

    Thumbnail
    View/Open
    ALFRED N. TAMBUNAN.pdf (217.9Kb)
    Date
    2023-12-06
    Author
    TAMBUNAN, ALFRED N.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemerintah pada hakekatnya adalah pelayan masyarakat, ia tidaklah diadakan untuk melayani dirinya sendiri, tapi juga untuk melayani masyarakat serta menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap anggota masyarakat mengembangkan kemampuan dan kreatifitasnya demi mencapai tujuan bersama. Akan tetapi penyelenggaraan pelayanan publik yang dilaksanakan oleh aparatur pemerintah dalam berbagai sendi pelayanan antara lain yang menyangkut pemenuhan hak-hak sipil dan kebutuhan dasar penduduk, masih dirasakan belum seperti yang diharapkan oleh masyarakat, terutama pada pelayanan yang diberikan di Kantor SAMSAT Balige Kabupaten Toba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip-prinsip Good Governance di Kantor Samsat Balige guna meningkatkan pelayanan publik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip Good Governance sudah dilakukan di kantor Samsat Balige. Prinsip-prinsip tersebut terdiri dari partisipasi, transparansi, supremasi hukum, daya tanggap, berorientasi pada konsensus, keadilan, efektivitas dan efesien, akuntabilitas, serta visi strategis. Tetapi masih terdapat beberapa prinsip yang belum terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dari kurangnya kesadaran masyarakat untuk membayar pajak, masih kurangnya disiplin pegawai dalam melayani masyarakat, kurangnya sarana, dan kurangnya kordinasi antar pegawai.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9640
    Collections
    • Ilmu Administrasi Negara [284]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback