• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Model Pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Arizona M. Sembiring.pdf (295.7Kb)
    Date
    2018-03-21
    Author
    Sembiring, ARIZONA MARITO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menulis sebagai kegiatan produktif dan ekspresif dapat bersinergi dengan pengajaran sastra. Salah satu bentuk perpaduan adalah melalui menulis puisi. Bagi sebagian besar siswa, pembelajaran puisi dianggap sulit, siswa sulit untuk menentukan tema, sulitnya mencari diksi yang dapat muncul sebagai alasan siswa dalam menulis puisi. Selain itu pemberian bahan ajar juga turut mempengaruhi kurang tertarikan siswa dalam meningkatkan proses kreatif menulis puisi. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan tahun pembelajaran 2017/2018. penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Two Group Only Postest Desain. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 5 Medan yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 360 siswa. Dari populasi ditetapkan sampel secara cluster sampling, yakni 36 siswa kelas X-6 sebagai kelas kontrol dn 36 siswa kelas X-7 sebagai kelas eksperimen. Setelah mengadakan penelitian diperolehlah kesimpulan, rata-rata di kelas eksperimen yang mendapat perlakuan mencapai 75 dan rata-rata di kelas kontrol yang tidak mendapat perlakuan mencapai 64. Data yang digunakan adalah hasil belajar siswa dengan menulis puisi dengan kreteria penilaian, yaitu tema, diksi, imajinasi, rima/ritma, dan nada/suasana. Selanjutnya data akan dihitung dengan uji “t”, dengan rumus: t0 = (M_1- M_2)/(SEM_1-SEM_2 ) , dari penelitian diperoleh hasil belajar siswa yang kumpulkan dengan menulis sebuah puisi, yang terdiri dari Lhitung > Ltabel atau 4,74> 1,66 maka H0 ditolak, yang artinya model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) lebih efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan tahun pembelajaran 2017/2018
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/961
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [548]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback