Efektivitas Penggunaan Media Wall Chart (Bagan Dinding) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Oleh Siswa Kelas X SMK Parulian I Medan Tahun Pembelajaran 2017/201
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media wall chart (bagan dinding) dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi oleh siswa kelas X SMK Parulian I Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jumlah populasi sebanyak 74 siswa dan seluruh populasi dijadikan sampel penelitian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Polulasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Parulian 1 Medan yang berjumlah 74 siswa yang terdiri dari dua kelas. Sampel yang diambil adalah seluruh jumlah populasi yaitu 37 orang untuk kelas ekperimen dan 37 orang untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang berupa penugasan menulis karangan argumentasi, dengan menggunakan media wall chart (bagan dinding) untuk mengetahui efektif atau tidaknya media pembelajaran wall chart (bagan dinding) terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi, maka uji yang digunakan yaitu uji “t”.
Berdasarkan hasil penelitian kemampuan siswa kelas x SMK Parulian 1 Medan dalam menulis karangan argumentasi proses tanpa menggunakan media memiliki kategori cukup baik dengan memperoleh nilai rata-rata 63,35 serta kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi dengan menggunakan proses media wall chart (bagan dinding) memiliki kategori baik dengan memperoleh nilai rata-rata 74,91. Berdasarkan uji normalitas hasil pos-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas, maka diketahuilah t¬hitung = 5,92 selanjutnya t¬hitung dengan dk = (n¬1 + n¬¬2) – 2 = 72. Diperoleh taraf signifikan 5% = 1,10. dengan demikian t¬hitung > t¬tabel yakni 5,92 > 1,10, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti media wall chart (bagan dinding) efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi oleh siswa kelas X SMK Parulian I Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.