• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Penggunaan Media Wall Chart (Bagan Dinding) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Oleh Siswa Kelas X SMK Parulian I Medan Tahun Pembelajaran 2017/201

    Thumbnail
    View/Open
    Juniarta Nahampun.pdf (309.4Kb)
    Date
    2018-03-24
    Author
    Nahampun, Juniarta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media wall chart (bagan dinding) dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi oleh siswa kelas X SMK Parulian I Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jumlah populasi sebanyak 74 siswa dan seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Polulasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMK Parulian 1 Medan yang berjumlah 74 siswa yang terdiri dari dua kelas. Sampel yang diambil adalah seluruh jumlah populasi yaitu 37 orang untuk kelas ekperimen dan 37 orang untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang berupa penugasan menulis karangan argumentasi, dengan menggunakan media wall chart (bagan dinding) untuk mengetahui efektif atau tidaknya media pembelajaran wall chart (bagan dinding) terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi, maka uji yang digunakan yaitu uji “t”. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan siswa kelas x SMK Parulian 1 Medan dalam menulis karangan argumentasi proses tanpa menggunakan media memiliki kategori cukup baik dengan memperoleh nilai rata-rata 63,35 serta kemampuan siswa dalam menulis karangan argumentasi dengan menggunakan proses media wall chart (bagan dinding) memiliki kategori baik dengan memperoleh nilai rata-rata 74,91. Berdasarkan uji normalitas hasil pos-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas, maka diketahuilah t¬hitung = 5,92 selanjutnya t¬hitung dengan dk = (n¬1 + n¬¬2) – 2 = 72. Diperoleh taraf signifikan 5% = 1,10. dengan demikian t¬hitung > t¬tabel yakni 5,92 > 1,10, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti media wall chart (bagan dinding) efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi oleh siswa kelas X SMK Parulian I Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/959
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback