Show simple item record

dc.contributor.authorHABEAHAN, NATALIA
dc.date.accessioned2023-12-02T04:31:13Z
dc.date.available2023-12-02T04:31:13Z
dc.date.issued2023-12-02
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9586
dc.description.abstractPertumbuhan dan perkembangan teknologi serta meningkatnya jumlah pengguna internet. Pesatnya perkembangan Internet merupakan faktor pendorong e-commerce. Aplikasi belanja online atau dikenal dengan e-commerce merupakan salah satu bentuk perubahan yang dihadirkan internet sebagai sebuah inovasi dalam berbelanja online. Salah satu layanan e-commerce terpopuler di Indonesia ialah Shopee. (1) Bagaimana pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian produk di aplikasi Shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas HKBP Nommensen Medan? (2) Bagaiman pengaruh e-service quality terhadap keputusan pembelian produk di aplikasi Shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas HKBP Nommensen Medan? (3) Bagaimana pengaruh online customer review dan e-service quality terhadap keputusan pembelian di aplikasi Shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas HKBP Nommensen Medan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review dan e-service quality terhadap keputusan pembelian produk di aplikasi Shopee (studi pada mahasiswa pengguna Shopee Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas HKBP Medan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 130 responden. Berdasarkan Uji t variabel online customer review diketahui thitung sebesar 3,605 sedangkan ttabel 1,657 maka demikian thitung > ttabel (3,605 > 1,657) maka dapat disimpulkan bahwa online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk. Hasil uji parsial (Uji-t) variabel e-service quality diketahui thitung sebesar 4.293, sedangkan ttabel 1,657 maka demikian thitung > ttabel (4.293 > 1,657) maka dapat disimpulkan bahwa e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk. Hasil uji simultan (Uji F) diperoleh Fhitung lebih besar daripada Ftabel (53,507 > 3,07) sehingga online customer review dan e-service quality secara simultan berpengaruh signifikkan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, pengaruh online customer review dan e-service quality terhadap keputusan pembelian hanya sebesar 45,7% sedangkan sisanya sebesar 54,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.en_US
dc.subjectOnline Customer Review danen_US
dc.subjectE-Service Quality,en_US
dc.subjectKeputusan Pembelian Produk.en_US
dc.titlePENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI APLIKASI SHOPEEen_US
dc.title.alternative(Studi Pada Mahasiswa Pengguna Shopee Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas HKBP Nommensen Medan)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record