Hubungan Antara Self Efficacy dengan Kecemasan Presentasi Tugas di Depan Kelas Pada Siswa SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan kecemasan saat presentasi tugas di depan kelas pada siswa SMA. Penelitian ini bersifat penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik random sampling dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi sebesar -0,738 dengan sig 0,000 (p < 0,05), artinya ada hubungan negatif yang signifikan antara self efficacy dengan kecemasan presentasi tugas pada siswa SMA N 1 Lubuk Pakam. Hasil analisis menunjukkan bahwa hipotesis diterima yakni terdapat hubungan antara self efficacy dengan kecemasan presentasi tugas pada siswa SMA dan arah hubungan yaitu negatif yang artinya semakin tinggi self efficacy yang dimiliki oleh siswa maka akan semakin rendah kecemasan presentasi siswa sebaliknya semakin rendah self efficacy yang dimiliki oleh siswa maka akan semakin tinggi tingkat kecemasan presentasi pada siswa.
Collections
- Ilmu Psikologi [287]