• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA iSISWA/I iKELAS iVII iSMP iNEGERI i37 iMEDAN i

    Thumbnail
    View/Open
    SILVIA JULINDA HUTAJULU.pdf (255.1Kb)
    Date
    2023-11-29
    Author
    HUTAJULU, SILVIA JULINDA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan Di SMP Negeri 37 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 150 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan berdasarkan Random sampling. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif Eksperimen dengan desain penelitian One grup Pretest dan Posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan jumlah siswa 30 yang di tentukan dengan Teknik Random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Normalitas, uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest menggunakan Model Self Directed Learning , diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 58.15233 dan kelas Posttest 75,69467 yaitu Hasil uji prasyarat data prettest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi Normal dan Homogen. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan 5% yaitu dk = N1+N2, dk =30+30= 60-2 dari df 58 diperoleh taraf significan 5% = 1,67155 Ttabel. Hail perhitungan yang dilakukan dapat diketahui bahwa Thitung > Ttabel 6,14 > 2,045 . Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Self Directed Learning berpengaruh terhadap kemampuan Menulis Cerita Fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9528
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [548]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback