Efektivitas Model PembelajaranKooperatifTipeJigsaw TerhadapPeningkatanKemampuanMenulisTeksNegosiasiPadaSiswaKelas X SMA Negeri 1 SiborongborongTahunPembelajaran 2017/2018
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuikeefektifanmodelpembelajarankooperatiftipejigsawterhadappeningkatankemampuanmenulisteksnegosiasiolehsiswakelas X SMA Negeri 1 SiborongborongTahunPembelajaran 2017/2018. Jumlahpopulasidalampenelitianinisebanyak 310 siswa. Sedangkansampel yang digunakandalampenelitianinisebanyak 62 siswa.
Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodeeksperimen. Instrument yang digunakandalampenelitianiniadalahtespenugasanuntukmengetahuiEfektivitas Model PembelajaranKooperatifTipeJigsaw TerhadapPeningkatanKemampuanMenulisTeksNegosiasiPadaSiswaKelas X SMA Negeri 1 SiborongborongTahunPembelajaran 2017/2018.
Berdasarkanhasilpenelitian yang telahdiuraikan, makakemampuansiswakelas X SMA Negeri 1 Siborongborongdalammenulisteksnegosiasitanpamenggunakan model pembelajaranKooperatifTipeJigsawmemilikikategoricukupbaikdenganmemperolehnilai rata-rata 65,93sertakemampuansiswakelas X SMA Negeri 1 Siborongborongdalammenulisteksnegosiasidenganmenggunakan model pembelajaranKooperatifTipeJigsawmemilikikategoribaikdenganmemperolehnilai rata-rata 79,48. Berdasarkanujinormalitashasilpost-tesdinyatakanberdistribusi normal. Kemudianberdasarkanujihomogenitasdinyatakanbahwasampelberasaldaripopulasi yang homogen. Setelahdilakukanujinormalitasdanujihomogenitas, makadapatdiketahuit_(hitung )= 6,391. Selanjutnya t_(hitung )dengan dk = (n_1+〖 n〗_2) – 2 = 60. Diperoleh taraf signifikan 5 % = 2,000. Dengan demikian t_(hitung )>t_(tabel )(6,391 > 2,000), makahipotesisnol (H_(o )) ditolak dan hipotesis alternatif (H_(a )) diterima yang berarti model pembelajarankooperatiftipe jigsaw efektifdalammeningkatkankemampuanmenulisteksnegosiasipadasiswakelas X SMA Negeri 1 SiborongborongTahunPembelajaran 2017/2018.