• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Model PembelajaranKooperatifTipeJigsaw TerhadapPeningkatanKemampuanMenulisTeksNegosiasiPadaSiswaKelas X SMA Negeri 1 SiborongborongTahunPembelajaran 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Eny M. Siahaan.pdf (277.3Kb)
    Date
    2018-03-27
    Author
    Siahaan, Enny Melfita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitianinibertujuanuntukmengetahuikeefektifanmodelpembelajarankooperatiftipejigsawterhadappeningkatankemampuanmenulisteksnegosiasiolehsiswakelas X SMA Negeri 1 SiborongborongTahunPembelajaran 2017/2018. Jumlahpopulasidalampenelitianinisebanyak 310 siswa. Sedangkansampel yang digunakandalampenelitianinisebanyak 62 siswa. Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodeeksperimen. Instrument yang digunakandalampenelitianiniadalahtespenugasanuntukmengetahuiEfektivitas Model PembelajaranKooperatifTipeJigsaw TerhadapPeningkatanKemampuanMenulisTeksNegosiasiPadaSiswaKelas X SMA Negeri 1 SiborongborongTahunPembelajaran 2017/2018. Berdasarkanhasilpenelitian yang telahdiuraikan, makakemampuansiswakelas X SMA Negeri 1 Siborongborongdalammenulisteksnegosiasitanpamenggunakan model pembelajaranKooperatifTipeJigsawmemilikikategoricukupbaikdenganmemperolehnilai rata-rata 65,93sertakemampuansiswakelas X SMA Negeri 1 Siborongborongdalammenulisteksnegosiasidenganmenggunakan model pembelajaranKooperatifTipeJigsawmemilikikategoribaikdenganmemperolehnilai rata-rata 79,48. Berdasarkanujinormalitashasilpost-tesdinyatakanberdistribusi normal. Kemudianberdasarkanujihomogenitasdinyatakanbahwasampelberasaldaripopulasi yang homogen. Setelahdilakukanujinormalitasdanujihomogenitas, makadapatdiketahuit_(hitung )= 6,391. Selanjutnya t_(hitung )dengan dk = (n_1+〖 n〗_2) – 2 = 60. Diperoleh taraf signifikan 5 % = 2,000. Dengan demikian t_(hitung )>t_(tabel )(6,391 > 2,000), makahipotesisnol (H_(o )) ditolak dan hipotesis alternatif (H_(a )) diterima yang berarti model pembelajarankooperatiftipe jigsaw efektifdalammeningkatkankemampuanmenulisteksnegosiasipadasiswakelas X SMA Negeri 1 SiborongborongTahunPembelajaran 2017/2018.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/949
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [548]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback