PENERAPAN PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik melalui aktivitas hasil belajar dengan menerapkan problem-based learning di kelas VIII SMP Negeri 12 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan tiga siklus. Setiap siklus memiliki tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian keterampilan proses sains diperoleh bahwa pada siklus I sebanyak 2 orang dengan kategori terampil, 8 orang kategori cukup terampil dan 20 orang kategori kurang terampil. Selanjutnya pada siklus II, 11 orang keterampilan proses sainsnya dikategori sangat terampil dan 19 orang dengan kategori terampil. Selanjutnya pada siklus III, sebanyak 16 orang keterampilan proses sainsnya dikategori sangat terampil dan sebanyak 14 orang dengan kategori terampil.
Untuk hasil belajar peserta didik diperoleh rata-rata skor pada pretes siklus I sebesar 46,70 dan postes sebesar 60,43, selanjutnya untuk siklus II diperoleh rata-rata nilai pretes sebesar 71,87 dan postes sebesar 80,43. Selanjutnya pada siklus III diperoleh rata-rata nilai pretes sebesar 75,20 dan rata-rata nilai postes sebesar 81,17. Disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Medan dari siklus II sampai siklus III setelah menerapkan pembelajaran problem-based learning.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]