Pengaruh Stres Akademik terhadap Emotional Eating pada Mahasisiwi Yang Mengerjakan Skripsi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres akademik terhadap emotional eating pada mahasiswi yang mengerjakan skripsi di Universitas HKBP Nommensen Medan. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah pengaruh stres akademik terhadap emotional eating pada mahasiswi yang mengerjakan skripsi di Universitas HKBP Nommensen Medan. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang dilihat dengan menggunakan tabel penentuan sampel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5%. Maka jumlah sampel yang digunakan berdasarkan tabel adalah 258 mahasiswi Universitas HKBP Nommensen Medan. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan design penelitian regresi linear sederhana. Variabel bebas (X) adalah stres akademik dan variabel terikat (y) adalah emotional eating. Skala stres akademik disusun berdasarkan teori Gadzella & Masten (2005) dan emotional eating diukur menggunakan sub-skala emotional eating dari Dutch Eating Behavior Quistionnaire. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh koefisien regresi linear dengan nilai (r=052) dan (p) = 0.0 (p<0,05). Hasil analisis menunjukkan bahwa hipotesis diterima yakni terdapat pengaruh antara stres akademik terhadap emotional eating yang artinya, semakin tinggi atau naik satu satuan tingkat stres akademik maka semakin rendah emotional eating.
Collections
- Ilmu Psikologi [287]