PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model Problem-based learning dalam pembelajaran fisika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Bamban. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-eksperimental design yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model problem-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Bamban.
Penelitian ini untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah two group pretes-posttets. Sampel penelitian berjumlah 60 orang peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analaisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan melalui penerapan model pembelajaran problem-based learning, hasil analisis data kemampuan berpikir kritis peserta didik berada pada kategori sangat baik yaitu dengan skor rata-rata 81,67% pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol hasil analisis data kemampuan berpikir kritis peserta didik berada pada kategori baik yaitu dengan skro rata-rata 70,74%. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil data Sig , yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H_0 ditolak H_1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model problem-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]