PENGARUH BIG FIVE PERSONALITY TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA di SMA ST.THOMAS 1 MEDAN
Abstract
Dalam proses belajar, tentu terdapat tujuan ataupun goal yang ingin dicapai oleh setiap mahasiswa untuk dapat berprestasi. Dan dari setiap tujuan (goal) yang ingin dicapai sangat diperlukan suatu dorongan dalam diri mahasiswa agar konsisten dan disiplin mencapai goal yang ditetapkan, yakni motivasi berprestasi. Motivasi beprestasi yang terbentuk dalam diri siswa, disebabkan oleh tipe kepribadian yang mampu mempengaruhi sikap mental dan aktivitas belajar seseorang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepribadian berdasarkan teori Big Five Personality terhadap motivasi berprestasi pada Siswa/I SMA St. Thomas 1 Medan.
Populasi penelitian ini adalah Siswa/I SMA St.Thomas 1 Medan yang berjumlah 1.454 responden. Besar sampel sebanyak 94 Siswa/I SMA St.Thomas 1 Medan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan Skala Psikologi. Data diproses dengan menggunakan SPSS 17.0 For Windows metode analisis data menggunakan metode deskriptif dan metode kuantitatif yaitu dengan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian berdasarkan analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa variabel Big Five Personality berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel motivasi berprestasi dengan diperoleh thitung sebesar 2.850 > ttabel sebesar 1.476 dan angka signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Pada pengujian determinasi diperoleh nilai koefisien sebesar 0.857. Nilai koefisien 0.857 menunjukan bahwa Big Five Personality mampu menjelaskan motivasi berprestasi sebesar 85,70 %. Sedangkan sisanya sebesar 14.30% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Collections
- Ilmu Psikologi [287]