AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI DALAM PELAYANAN PUBLIK
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan yaitu untuk mengetahui Akuntabilitas dan Transparansi dalam Pelayanan Publik. Pada penelitian ini penulis mengamati bahwa terjadinya penyimpangan Prosedur dan pelayanan Administrasi yang berlarut-larut hal ini ditandai dengan terjadinya Ketimpangan Prosedur, Diskriminatif berbelit-belit dan tidak ramah dalam melayani publik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui upaya dari BPJS Ketenagakerjaan Kota Medan dalam mewujudkan Akuntabilitas dan Transparansi (2) Untuk mengetahui Kualitas Pelayanan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kota Medan terhadap Program Jaminan Hari Tua.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan secara terperinci dan mendalam mengenai Akuntabilitas dan Transparansi dalam Pelayanan Publik Studi Kasus BPJS Ketenagakerjaan. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diketahui bahwa Upaya yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan adalah (1) Pembuatan Website Kantor BPJS Ketenagakerjaan agar masyarakat dapat mengakses informasi dengan mudah (2) Pelayanan satu atap yaitu mempermudah masyarakat mengurus berkas (3) Penyediaan Pelayanan One Day Service. Hambatan dalam penelitian ini yaitu kurangnya pemahaman dari perusahaan tentang manfaat dari program Jaminan Sosial dan kurangnya sosialisasi dari pihak BPJS Ketenagakerjaan kepada perusahaan terkait.
Collections
- Ilmu Administrasi Negara [269]