PEMBELAJARAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW I DAN PENDEKATAN ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH PADA PROGRAM LINEAR DI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PAHAE JULU T.P. 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran yang terbaik diantara model Kooperatif Tipe Jigsaw I dan pendekatan ilmiah terhadap kemampuan siswa dalam pemahaman konsep dan pemecahan masalah pada materi program linear di Kelas XI SMA Negeri 1 Pahae Julu T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan populasi penelitian ada 2 kelas yaitu seluruh siswa kelas XI. Dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling, diperoleh sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 1 berjumlah 34 siswa. Intrumen yang digunakan adalah test berbentuk uraian. Perhitungan analisis data menggunakan uji t Benferoni test. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Kooperatif Tipe Jigsaw I lebih baik dari pendekatan ilmiah terhadap kemampuan peserta didik pada pemahaman konsep pada materi program linear, dan Pembelajaran dengan model Kooperatif Tipe Jigsaw I lebih baik dari pendekatan ilmiah terhadap kemampuan peserta didik pada pemecahan masalah pada materi program linear di Kelas XI SMA Negeri 1 Pahae Julu T.P. 2018/2019.
Collections
- Akuntansi [1723]