• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Psikologi
    • Ilmu Psikologi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Psikologi
    • Ilmu Psikologi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    ALVINA DAMERIA SINAGA.pdf (388.7Kb)
    Date
    2023-07-18
    Author
    SINAGA, ALFINA DAMERIA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi sering sekali mengalami kelelahan emosional yang membuat mahasiswa mengalami stres,depresi sehingga mahasiswa mengalami academic burnout Academic Burnout dapat di hindari oleh mahasiswa yang memiliki self efficacy yang tinggi.self efficacy merupakan keyakinan individu akan kemampuan yang dimiliki oleh setiap individu . Adapun Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 241 orang Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan yang sedang mengerjakan skripsi . Adapun tujuan yang ingin dicapai ialah untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dan academic burnout pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala psikologi, dimana responden diminta untuk memilih salah satu jawaban sesuai dengan karakteristik dirinya dengan cara memberi tanda silang (x). Skala psikologi adalah suatu prosedur pengambilan data yang mengungkapkan konstrak atau konsep psikologi yang menggambarkan aspek kepribadian individu. Skala psikologi yang digunakan adalah skala academic burnout dan skala self efficacy. Berdasarkan hasil analisa koefisien korelasi diketahui bahwa ada hubungan positif antara Self Efficacy Dan Academic Burnout Pada Masa Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi (r = 0,500). Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang berarti (p<0,05) sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima. Berdasarkan hasil analisis perbandingan mean hipotetik dengan mean empiris yang dimana self efficacy dengan mean empiriknya lebih tinggi dari nilai mean hipotetiknya, hal ini berarti mahasiswa Universitas HBKP Nommensen Medan memiliki self efficacy tinggi. dan untuk academic burnout nilai mean empiriknya lebih tinggi dari nilai mean hipotetiknya hal ini berarti mahasiswa Universitas HBKP Nommensen Medan memiliki academic burnout tinggi. Berdasarkan kategorisasi aspek-aspek Self Efficacy,di dapat bahwa 3 aspek berada pada kategori yang tinggi yaitu aspek strenght ,aspek level dan aspek Generality. Berdasarkan kategorisasi aspek-aspek Academic Burnout ,di dapat bahwa 3 aspek yang memiliki kategorisasi paling tinggi adalah aspek kelelahan emosional, aspek reduced personal accomplishment dan aspek depersonalisasi
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8799
    Collections
    • Ilmu Psikologi [306]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback