ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KONVERSI MATA KULIAH DI UNIVERSITAS ASAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelelaskan konversi mata kuliah lintas jurusan yang diambil di pertukaran mahasiswa merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan informan kunci yaitu mahasiswa yang mengikuti pertukaran mahasiswa di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya sebanyak 10 orang yang berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan informan pendukung yaitu dosen sebanyak 4 orang dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta. Data primer diambil dengan menggunakan wawancara terstruktur. Tehnik Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model Miles dengan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan triangulasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa mata kuliah yang dikonversi berbeda dengan mata kuliah yang diambil di perguruan tinggi penerima dengan mata kuliah di perguruan tinggi asal. Penelitian ini masih terbatas karena hanya meneliti mahasiswa pertukaran mahasiswa merdeka yang berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan maka rekomendasi untuk penelitian selanjutnya semoga dapat meneliti keseluruhan mahasiswa di Universitas penerima.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]