Karakteristik Abstraksi Reflektif Dalam Pemecahan Masalah Matematika
Abstract
Untuk Memecahkan Masalah, siswa harus mengenali struktur pengetahuan yang telah dimilikimya sebelumnya, dan kemudian menggunakannya di dalam situasi baru. Agar dapat diketahui bagaimana siswa mengenali struktur masalah, siswa perlu mengekspresikan kembali melalui representasi gambar, diagram, kata atau simbol. Dalam aktivitas pemecahan masalah, siswa sering mengabstrasikan struktur masalah sebelumnya dan menghubungkannya dengan masalah yang sedang dihadapi. Untuk mengetahui apakah siswa sadar terhadap apa yang diabstrasikannya, siswa perlu mendemonstrasikan kesadarannya, dan memberikan alasan terhadap keputusan yang diperoleh. Mengenali, merepresentasikan, mengabstraksis struktural dan kesadaran struktural berturut-turut merupakan level-level dari abstraksi reflektif (reflective abstraction). Aktivitas abstraksi reflektif diamati melalui serangkaian karakteristik-karakteristik tertentu. Tulisan ini bertujuan untuk memperkenalkan karakteristik abstraksi reflektif dalam pemecahan masalah matematika.