Menumbuhkembangkan Karakter Rasa Ingin Tahumelalui Pembelajaran Kooperatif Tipe-TGTPeserta Didik SMP
Date
2023-03Author
Silaban, Bajongga
Pane, Januaris
Melani Dewi Nagur
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter rasa ingin tahu peserta didik melalui pembelajaran kooperatif tipe-TGT. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 di SMP Negeri 7 Medan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII sebanyak 7 kelas dan sampelnya adalah peserta didik kelas VIII-3 sebanyak 32 orang yang penarikannya dilakukan secara purposive sampling. Ujicoba instrumen dilaksanakan dikelas VIII SMP Negeri 37 Medan sebanyak 16 orang untuk menentukan tingkat kesukaran, kehandalan (reliabilitas) dan kevaliditasan instrumen, dan dinyatakan memiliki tingkat kesukaran butir soal sedang, valid dan reliabel.Berdasarkan hasil analisis diperolehbahwa rasa ingin tahu peserta didik tergolong sangat baik dan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang berarti selama 2 kali pertemuan dalam 2 siklus pelaksanaan. Indikator rasa ingin tahu yang paling menonjol adalah menyimakpenjelasanguru terkait materi pembelajaran dan kemampuan dalam menyimpulkanhasildiskusi. Nilai hasil belajar tertinggi melalui tes hasil belajar adalah 85 dan terendah 45 dengan rata-rata 62,9 dan masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 70. Disimpulkan bahwa pembelajarn kooperatif tipe-TGTdapat menumbuhkembangkan rasa ingin tahu peserta didik dengan baik.