Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Jurusan IPS di SMA Swasta GKPS 1 Pem.Raya
Abstract
Keberhasilan belajar siswa dapat optimal ketika siswa mampu belajar secara mandiri. Siswa mandiri mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan dapat mengatasi kesulitan yang dihadapinya. Oleh karena itu, masalah kemandirian belajar yang rendah harus segera diatasi agar tidak berdampak buruk bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh terhadap kemandirian belajar siswa di SMA Swasta GKPS 1 Pem.Raya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta GKPS 1 Pem.Raya pada siswa jurusan IPS dengan jumlah populasi 315 orang dan sampel 200 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala Likert dari aspek pola asuh menurut Baumrind dan dari aspek kemandirian dari Steinberg. Teknik menentukan jumlah sampel menggunakan Gpower. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana, yang menunjukkan hasil bahwa ada pengaruh antara pola asuh terhadap kemandirian belajar di SMA GKPS 1 Pem.Raya sebesar 0,040% (4%) sedangkan sisanya 96% adalah dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel pola asuh.
Collections
- Psychology [20]