• Login
    View Item 
    •   Home
    • E-Journals
    • Psychology
    • View Item
    •   Home
    • E-Journals
    • Psychology
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Jurusan IPS di SMA Swasta GKPS 1 Pem.Raya

    Thumbnail
    View/Open
    Pengaruh Pola Asuh dan kemandirian belajar.pdf (443.5Kb)
    Date
    2023-02-02
    Author
    Damanik, Dwi Fanny
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keberhasilan belajar siswa dapat optimal ketika siswa mampu belajar secara mandiri. Siswa mandiri mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan dapat mengatasi kesulitan yang dihadapinya. Oleh karena itu, masalah kemandirian belajar yang rendah harus segera diatasi agar tidak berdampak buruk bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh terhadap kemandirian belajar siswa di SMA Swasta GKPS 1 Pem.Raya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta GKPS 1 Pem.Raya pada siswa jurusan IPS dengan jumlah populasi 315 orang dan sampel 200 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala Likert dari aspek pola asuh menurut Baumrind dan dari aspek kemandirian dari Steinberg. Teknik menentukan jumlah sampel menggunakan Gpower. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana, yang menunjukkan hasil bahwa ada pengaruh antara pola asuh terhadap kemandirian belajar di SMA GKPS 1 Pem.Raya sebesar 0,040% (4%) sedangkan sisanya 96% adalah dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel pola asuh.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8400
    Collections
    • Psychology [20]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback