PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PROKASTINASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prokastinasi Akademik Mahasiswa Psikologi Universitas HKBP Nommensen Medan Prokrastinasi akademik adalah keterlambatan dalam memulai atau menyelesaikan suatu tugas, keterlambatan dalam menyelesaikan suatu tugas pelayanan, perbedaan waktu antara kinerja yang diharapkan dan kinerja yang sebenarnya, dan kecenderungan untuk melakukan aktivitas lain. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 di Universitas HKBP Nommensen Medan. Teknik pengambil sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Purposive Sampling. Jumlah responden berdasarkan G-Power berjumlah 175 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala model Likert yang disusun berdasarkan aspek Kecerdasan Emosional (2003) dan Ferarri (1995).
Hasil uji linearitas pada variabel Kecerdasan Emosional dan Prokastinasi Akademik Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen Medan, memperoleh nilai signifikansinya sbesar 0.000 maka hal ini dinyatakan linear karena 0.000 < 0.005. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Kecerdasan Emosional dan Prokastinasi Akademik memiliki Rsquare = 0,368. Dari hasil ini dapat diinterpretasikan bahwa pengaruh Kecerdasan Emosional memiliki pengaruh sebesar 36.8% terhadap perilaku Prokastinasi Akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas HKBP Nommensen Medan, sedangkan sisanya 63.2% dipengaruhi oleh faktor lainnya di luar variabel Kecerdasan Emosional. Berdasarkan hasil uji Regresi Uji Linear Sederhana variabel Kecerdasan Emosional maka Prokastinasi Akademik mengalami penurunan sebesar -0.581. Maka nilai dari Kecerdasan Emosional sebesar Y = 73,067 + (- 0,581) X adalah 72.486. Dari analisis tersebut memiliki sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel Kecerdasan Emosional terhadap Prokastinasi Akademik memiliki pengaruh yang negatif
Collections
- Ilmu Psikologi [287]