PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE BAGI SISWA SMP KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTAPINANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana keterikatan antara Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online Bagi Siswa SMP Negeri 1 Kotapinang dengan jumlah sampel sebanyak 33 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan analisis data yang dilakukan penelitian hipotesis adalah korelasi saat orang dengan alat pengumpulan data adalah angket untuk variabel X (Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen) dan Variabel Y (Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online Bagi Siswa SMP Kelas VIII) SMPN 1 Kotapinang).
Untuk mengetahui sejauh mana Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online Bagi Siswa SMP Kelas VIII SMP Negeri 1 Kotapinang, maka digunakan Uji Statistik Korelasi Product Moment Person. Dari hasil pengujian diperoleh pengujian korelasi (r) 0,45 dengan uji determinasi sebesar 20,25% dan untuk mengetahui signifikasi tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata (α) = 0,05 maka diadakan uji “t” dengan kriteria pengujian jika t_hitung yang didapat dari perhitungan lebih besar (>) dari t_tabel pada taraf signifikan 1-0,05 dengan dk= n – 2 maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Dari Hasil pengujian diperoleh t_hitung > t_tabel (2,81 > 1,69) maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat ditemukan keterikatan yang berarti antara peranan guru pendidikan agama Kristen dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran online bagi siswa SMP Kelas VIII SMP Negeri 1 Kotapinang.