PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 LAHUSA
Abstract
Penelitian yang dilakukan peneliti bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi kelas X MIA SMA Negeri 1 Lahusa tahun pelajaran 2021/2022. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Lahusa. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling total, dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental design. Jenis desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri atas kelas eksperimen yaitu kelas X MIA 2 dan kelas kontrol yaitu kelas X MIA 1. Kelas eksperimen diberi perlakuan strategi pembelajaran berdiferensiasi sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan strategi pembelajaran konvensional, sebelum memberi perlakuan diberikan pretest di masing – masing kelas dan posttest untuk melihat hasil belajar peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal dalam bentuk pilihan ganda dan lembar observasi peserta didik. Data pretest dan posttest yang diperoleh telah dianalisis dan memenuhi prasyarat pengujian hipotesis yaitu data terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil uji hipotesis t – test pihak kanan diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu yaitu
2,381 > 2,014 dengan α = 0,05, berdasarkan kriteria pengujian, hipotesis yang
diterima yaitu Ha yang berarti adanya pengaruh perlakuan strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Lahusa tahun pelajaran 2021/2022.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]