• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 LAHUSA

    Thumbnail
    View/Open
    INDAH SEPTA AYU LAIA.pdf (310.7Kb)
    Date
    2022-12-15
    Author
    LAIA, INDAH SEPTA AYU
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian yang dilakukan peneliti bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi kelas X MIA SMA Negeri 1 Lahusa tahun pelajaran 2021/2022. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Lahusa. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling total, dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental design. Jenis desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri atas kelas eksperimen yaitu kelas X MIA 2 dan kelas kontrol yaitu kelas X MIA 1. Kelas eksperimen diberi perlakuan strategi pembelajaran berdiferensiasi sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan strategi pembelajaran konvensional, sebelum memberi perlakuan diberikan pretest di masing – masing kelas dan posttest untuk melihat hasil belajar peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal dalam bentuk pilihan ganda dan lembar observasi peserta didik. Data pretest dan posttest yang diperoleh telah dianalisis dan memenuhi prasyarat pengujian hipotesis yaitu data terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil uji hipotesis t – test pihak kanan diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu yaitu 2,381 > 2,014 dengan α = 0,05, berdasarkan kriteria pengujian, hipotesis yang diterima yaitu Ha yang berarti adanya pengaruh perlakuan strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Lahusa tahun pelajaran 2021/2022.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8255
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback