• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 AFULU

    Thumbnail
    View/Open
    Ramiani Zai.pdf (571.3Kb)
    Date
    2022-12-15
    Author
    ZAI, RAMIANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan populasi adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Afulu TP. 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik penerikan sampel tidak acak (non equivalent control group design). Dimana sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Istrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas peserta didik dan soal dalam bentuk uraian untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 83,36 dengan standar deviasi 6,84 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 72,72 dengan standar deviasi 8,24. Dari hasil yang diperoleh melalui uji-t satu pihak untuk data posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontro untuk α = 0,05 diperoleh thitung = 4,96 dan ttabel = 1,64. Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Tehadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Negeri 2 Afulu.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8254
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback