Show simple item record

dc.contributor.authorGEA, KRISTIAN
dc.date.accessioned2022-12-09T09:47:45Z
dc.date.available2022-12-09T09:47:45Z
dc.date.issued2022-12-09
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8142
dc.description.abstractPenelitian ini membahas tentang “Implikasi Penggunaan Media ManÖ-ManÖ Dalam Model Discovery Learning Terhadap Literasi Membaca Siswa”. Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan kemampuan literasi membaca siswa sebelum dan sesudah penggunaan media manÖ-manÖ di SMP Negeri 1 Lahewa Timur. Untuk mendeskripsikan pengaruh media manÖ-manÖ dalam kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Lahewa Timur. ManÖ-ManÖ adalah suatu media atau cara cepat dan bermanfaat untuk merangsang munculnya potensi membaca, sedangkan membaca cepat adalah membaca dengan kecepatan tinggi, hampir keseluruhan materi dibaca dalam waktu tertentu yang disertai dengan pemahaman isi 70%. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan sumber datanya yaitu data primer dan data sekunder. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian eksperimen (experimental method) dengan menggunakan True-eksperimental design dengan bentuk Two Group Posttest only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lahewa Timur yang berjumlah 77 siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas eksperimen VIII-A sebanyak 28 siswa dan kelas kontrol VIII-B sebanayak 28 siswa, sehingga teknik pengambilan sampling yang digunakan yaitu Cluster rondom sampling. Untuk mendapatkan data, peneliti melakukan tes penugasan dan dokumentasi kepada siswa kelas VIII SMP N. 1 Lahewa Timur. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis statistik uji “t’ Hasil analisis data kemampuan membaca cepat menunjukkan suatu peningkatan yang signifikan, yaitu dari rata-rata kelas kontrol 79, 47 KM tergolong sangat lambat menjadi, pada rata-rata kelas eksperimen 131,72 KM tergolong cepat. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dinyatakan thitung > ttabel atau 7,454 > 1.703, maka tolak (Ho) dan terima (Ha), berarti hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media manÖ-manÖ terhadap kemampuan literasi membaca siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Lahewa Timur diterima kebenarannya.en_US
dc.subjectManÖ-ManÖ,en_US
dc.subjectLiterasi Membaca Siswa.en_US
dc.titleIMPLIKASI PENGGUNAAN MEDIA MANÖ-MANÖ DALAM MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP LITERASI MEMBACAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record