• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLIKASI PENGGUNAAN MEDIA MANÖ-MANÖ DALAM MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP LITERASI MEMBACA

    Thumbnail
    View/Open
    KRISTIAN GEA.pdf (283.0Kb)
    Date
    2022-12-09
    Author
    GEA, KRISTIAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini membahas tentang “Implikasi Penggunaan Media ManÖ-ManÖ Dalam Model Discovery Learning Terhadap Literasi Membaca Siswa”. Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan kemampuan literasi membaca siswa sebelum dan sesudah penggunaan media manÖ-manÖ di SMP Negeri 1 Lahewa Timur. Untuk mendeskripsikan pengaruh media manÖ-manÖ dalam kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Lahewa Timur. ManÖ-ManÖ adalah suatu media atau cara cepat dan bermanfaat untuk merangsang munculnya potensi membaca, sedangkan membaca cepat adalah membaca dengan kecepatan tinggi, hampir keseluruhan materi dibaca dalam waktu tertentu yang disertai dengan pemahaman isi 70%. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan sumber datanya yaitu data primer dan data sekunder. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian eksperimen (experimental method) dengan menggunakan True-eksperimental design dengan bentuk Two Group Posttest only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lahewa Timur yang berjumlah 77 siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas eksperimen VIII-A sebanyak 28 siswa dan kelas kontrol VIII-B sebanayak 28 siswa, sehingga teknik pengambilan sampling yang digunakan yaitu Cluster rondom sampling. Untuk mendapatkan data, peneliti melakukan tes penugasan dan dokumentasi kepada siswa kelas VIII SMP N. 1 Lahewa Timur. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis statistik uji “t’ Hasil analisis data kemampuan membaca cepat menunjukkan suatu peningkatan yang signifikan, yaitu dari rata-rata kelas kontrol 79, 47 KM tergolong sangat lambat menjadi, pada rata-rata kelas eksperimen 131,72 KM tergolong cepat. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dinyatakan thitung > ttabel atau 7,454 > 1.703, maka tolak (Ho) dan terima (Ha), berarti hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media manÖ-manÖ terhadap kemampuan literasi membaca siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Lahewa Timur diterima kebenarannya.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8142
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback