STRATEGI KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi kesantunan Berbahasa yang digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia di universitas HKBP Nommensen Medan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah tuturan Dosen dan Mahasiswa. Wujud data penelitian ini berupa penggalan percakapan antara Dosen dan Mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara merekam, mencatat, menyimak dan menulis kembali tuturan yang sudah di dapat kan metode. Teknik analisis data dilakukan menggunakan metode padan metode padan yaitu teknik pilah unsur penentu atau teknik PUP. Teknik lanjutan yang digunakan dalam metode ini adalah teknik baca markah. Dalam penelitian ini teknik penyajian data yang digunakan adalah dengan penyajian data dalam bentuk tulisan atau narasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kesantunan yang terdapat pada pembelajaran bahasa Indonesia di Prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia universitas HKBP Nommensen Medan terdiri dari strategi kesantunan negatif, strategi kesantunan positif, strategi kesantunan tidak langsung dan strategi kesantunan terus terang. Selain itu ditemukan juga prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia universitas HKBP Nommensen Medan terdiri dari bidal kebijakan, bidal pemufakatan, bidal penghargaan, bidal kesederhanaan, bidal berpendapat dan bersikap diam.
Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini yaitu keempat strategi kesantunan berbahasa sesuai dengan teori Brown dan Levinson telah digunakan dalam pertuturan pada pembelajaraan bahasa Indonesia.