• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STRATEGI KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    ENDA GLORIA N.M. BANUREA.pdf (206.3Kb)
    Date
    2022-12-09
    Author
    BANUREA, ENDA GLORIA N.M
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi kesantunan Berbahasa yang digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia di universitas HKBP Nommensen Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah tuturan Dosen dan Mahasiswa. Wujud data penelitian ini berupa penggalan percakapan antara Dosen dan Mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara merekam, mencatat, menyimak dan menulis kembali tuturan yang sudah di dapat kan metode. Teknik analisis data dilakukan menggunakan metode padan metode padan yaitu teknik pilah unsur penentu atau teknik PUP. Teknik lanjutan yang digunakan dalam metode ini adalah teknik baca markah. Dalam penelitian ini teknik penyajian data yang digunakan adalah dengan penyajian data dalam bentuk tulisan atau narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kesantunan yang terdapat pada pembelajaran bahasa Indonesia di Prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia universitas HKBP Nommensen Medan terdiri dari strategi kesantunan negatif, strategi kesantunan positif, strategi kesantunan tidak langsung dan strategi kesantunan terus terang. Selain itu ditemukan juga prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia universitas HKBP Nommensen Medan terdiri dari bidal kebijakan, bidal pemufakatan, bidal penghargaan, bidal kesederhanaan, bidal berpendapat dan bersikap diam. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini yaitu keempat strategi kesantunan berbahasa sesuai dengan teori Brown dan Levinson telah digunakan dalam pertuturan pada pembelajaraan bahasa Indonesia.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8138
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [548]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback