PENGARUH CITRA MEREK DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI PRODUK IMPLORA PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan electronic word of mouth terhadap minat beli produk implora pada mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas HKBP Nommensen. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 70 responden dengan menggunakan purposive sampling.
Hasil uji parsial (uji t) pada variabel citra merek terhadap variabel minat beli memiliki nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 yang artinya citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat beli, dan hasil uji parsial (uji t) pada variabel electronic word of mouth memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya electronic word of mouth berpengaruh secara positif dan signifikian terhadap variabel minat beli. Hasil uji simultan (uji F) menunjukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya citra merek dan electronic word of mouth secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,654 yang artinya kemampuan kedua variabel bebas untuk menjelaskan variasi variabel tidak bebas sebesar 65,4% sedangkan sisanya 34,6% dijelaskan dari faktor-faktor lain dari luar variabel bebas. Hasil dari analisis regresi linear berganda penelitian ini adalah Y = 1,256 + 0,266X1 + 0,247X2. Kesimpulan penelitian ini yaitu secara parsial dan simultan citra merek dan electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.
Collections
- Manajemen [1151]