• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Ekonomi
    • Manajemen
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Ekonomi
    • Manajemen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN SOSIALISASI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU MENABUNG PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    HENDRA WIJAYA PANE.pdf (239.0Kb)
    Date
    2022-12-08
    Author
    PANE, HENDRA WIJAYA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh literasi keuangan dan sosialisasi orang tua terhadap perilaku menabung mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas HKBP Nommensen Medan. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini 92 responden dengan menggunakan purposive sampling. Instrumen untuk memperoleh data variabel literasi keuangan, sosialisasi orang tua dan perilaku menabung yaitu melalui kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 24.00. Dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji-t dan uji F, hasil yang di peroleh dari penelitian ini adalah : (1) nilai koefisien literasi keuangan adalah sebesar 0,221 artinya jika literasi keuangan mengalami peningkatan dan variabel lain diasumsikan tetap maka akan meningkatkan perilaku menabung, sedangkan nilai koefisien sosialisasi orang tua adalah sebesar 0,366 artinya jika sosialisasi orang tua mengalami peningkatan dan variabel lain diasumsikan tetap maka akan meningkatkan perilaku menabung (2) terdapat pengaruh signifikan antara literasi keuangan dengan perilaku menabung dengan nilai signifikansi 0,004 < 0,05, (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara sosialisasi orang tua dengan perilaku menabung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, (4) terdapat pengaruh signifikan secara simultan literasi keuangan dan sosialisasi orang tua terhadap perilaku menabung dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinasi dari penelitian ini sebesar 51,1% yang artinya variasi dari variabel Literasi Keuangan dan Sosialisasi Orang Tua dapat menjelaskan Perilaku Menabung sebesar 51,1% dan sisanya 48,9% diterangkan variabel lain diluar dari penelitian ini.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8096
    Collections
    • Manajemen [1230]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback