PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE OPPO PADA KONSUMEN DI MILLENIUM PLAZA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap keputusan pembelian produk smartphone OPPO pada konsumen di Millenium Plaza Medan, pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian produk smartphone OPPO pada konsumen di Millenium Plaza, dan pengaruh strategi pemasaran dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk smartphone OPPO pada konsumen di Millenium Plaza Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dimana sampel dalam penelitian ini adalah konsumen smartphone OPPO yang berada di Millenium Plaza Medan sebanyak 60 responden secara aksidental. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner atau angket. Hasil uji t pada variabel strategi pemasaran (X1) adalahesebesar 4,232 dimana dapat dijelaskan bahwa nilaiethitung >l ttabel atau 4,232 >51,999 sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran (X1) berpengaruh dengan keputusan pembelian produk (Y) dan uji t pada variabel citra merek (X2) sebesar 3,415 dimana dapat dijelaskan bahwa nilaiethitung >l ttabel atau 3,415 >511,999 sehingga dapat dismpulkan bahwa citra merek (X2) berpengaruh dengan keputusan pembelian produk (Y). Sedangkan hasil uji f menunjukkan bahwa nilai Fhitung l> lF tabel (7,821 > 3,16) dan nilaiesignifikansie(0,000e<e0,05) sehingga dapatwdisimpulkan ada pengaruh yanglsignifikanlantara strategi pemasaran (X1) dan citra merek (X2) secaralbersama-sama terhadap keputusan pembelian produk (Y) oleh konsumen di Millenium Plaza Medan. Temuan ini membuktikan bahwa ada pengaruh strategi pemasaran dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk smartphone OPPO pada konsumen di Millenium Plaza Medan. Dengan demikian, maka hipotesis penelitian diterima.
Collections
- Manajemen [1151]