PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERSEPSI HARGA DAN CITA RASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TOKO ROTI ZOYA
Abstract
Perkembangan bisnis F&B (Food and Beferage) di Indonesia telah mengalami kenaikan dari sisi penghasilan dari tahun ke tahun, para konsumen sudah memahami kualitas dan kuantitas dari berbagai toko bakery, berdampak pada terbukanya begitu banyak toko roti dan kue (Bakery) seperti: neko-neko, aroma, france, royyan, majestyk dan lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan, persepsi harga dan cita rasa terhadap kepuasan konsumen pada Toko roti Zoya.
Penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei, penelitian di kota Binjai, dengan 85 responden (konsumen). Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan regresi linear berganda dengan SPSS.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen, persepsi harga dan cita rasa berpengaruh terhadap kepuasan konsumen baik secara parsial maupun simultan. Berdasarkan hasil parsial bahwa (1) kualitas layanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen yang ditunjukkan dengan nilai t hitung (0,500) < t tabel (1,989), dengan taraf signifikansi 0,618 > 0,05. (2) Persepsi harga berpengaruh signifikan dan positif yang ditunjukkan dengan nilai t hitung (2,384)
> t tabel (1,989), dengan taraf signifikansi 0,019 < 0,05. (3) Cita rasa berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen ditunjukkan dengan nilai t
hitung (3,633)> t tabel (1,989), dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. (4) Kualitas
layanan, persepsi harga dan cita rasa berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (R2 ) sebesar
0.346% (34,6%) dengan nilai F hitung (14,305 > t tabel 3,10) dan nilai signifikansi
0,000 < 0,05.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada organisasi ataupun perusahaan untuk mempertimbangkan kualitas layanan, persepsi harga dan cita rasa untuk mencapai kepuasan konsumen yang baik dalam mencapai tujuan perusahaan.
Collections
- Manajemen [1191]