MEMBANGUN LOYALITAS KONSUMEN DI CAFE UCOKOPI SIANTAR DENGAN PENDEKATAN MEDIASI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji membangun loyalitas konsumen di cafe ucokopi siantar dengan pendekatan mediasi dari sudut pandang para konsumen atau pelanggan di cafe ucokopi, loyalitas konsumen cenderung memainkan peran penting dalam citra usaha dan persepsi konsumen mampu meningkatkan pemasaran sehingga mudah dikembangkan dengan baik dan dapat mempertahankan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Loyalitas pelanggan mewakili kemampuan sebuah bisnis/ usaha untuk memahami dan membayangkan kebutuhan pelanggan lebih baik daripada kompetisi, menilai kepuasan pelanggan, pengembangan dan fasilitas yang diberikan. Dengan demikian, mereka akan menarik lebih banyak pelanggan/konsumen dan meningkatkan pemahaman tentang kemampuan pemasaran sehinnga keterampilan tersebut dapat memungkinkan menaklukkan konsumen dengan cara menarik perrhatian mereka untuk berkunjung kembali. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling yaitu purposive sampling maka sampel dalam penelitian ini di tetapkan sebanyak 120 responden dengan metode analisis data menggunakan SmartPLS 3.0. Objek dalam penelitian ini adalah para konsumen/pelanggan di Cafe Ucokopi Siantar. Penelitian ini akan menggunakan kuesioner dengan membagikan google formulir secara acak kepada responden yaitu para konsumen/pelanggan di Cafe Ucokopi Siantar. Hasil penelitian ini menunjukkan. Persepsi harga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan p-value 0.059. Lokasi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan p-value
0.077. Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan p-value 0.000. Persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan p-value 0,005. Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan p-value 0,000. Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan p-value
0,025. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan p-value 0,000. Persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas dengan kepuasan sebagai mediasi dengan p-value 0,000. Lokasi berpositif dan signifikan terhadap loyalitas dengan kepuasan sebagai mediasi dengan p-value 0,000. Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas dengan kepuasan sebagai mediasi dengan p-value 0,000
Collections
- Manajemen [1151]