PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN GRABBIKE SEBAGAI JASA TRANSPORTASI DI KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan menggunakan GrabBuke sebagai jasa transportasi di Kota Medan. Data peneitian ini menggunakan dua variabel bebas (Independent) yaitu Promosi (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2), dengan satu variabel terikat (dependent) yaitu kepuasan pelanggan (Y) data penelitian ini didapat 100 responden yang telah sesuai dengan karakteristik responden yang ditentukan dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik nonprobality, untuk mengumpulkan datanya menggunakan prasurvey dan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan teknik analis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda.
Dari hasil hipotesis yang disimpulkan bahwa promosi dan kualitas pelayanan secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan menggunakan GrabBike sebagai jasa transportasi di Kota Medan. Dari hasil uji analisis regresi berganda variabel Promosi berpengaruh positif dengan koefisien regresi likert 0, 556 , variabel Kualitas pelayanan berpengaruh positif dengan koefisien regresi likert 0,201 artinya jika variabel Promosi, Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan ditingkatkan maka Kepuasan pelanggan menggunakan GrabBike sebagai jasa transportasi di Kota Medan akan meningkat. Dari hasil uji parsial variabel promosi dan Kualitas pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan pelanggan GrabBike sebagai jasa transportasi di Kota Medan,.
Dari hasil pengujian koefisien determinasi (R2) variabel Promosi,kualitas pelayanan dapat menjelaskan sebesar 0,419 atau 41,9% sedangkan sisanya 0,581 atau 58,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Collections
- Manajemen [1151]