FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT GENERASI PENENUN ULOS BERWIRAUSAHA TENUN ULOS DI DESA SIBALANGA
Abstract
Perkembangan UMKM menjadi salah satu bentuk usaha yang banyak berkembang di Indonesia, salah satu nya di Desa Sibalanga. Desa Sibalanga merupakan salah satu Desa yang memiliki banyak pengrajin ulos. Ulos yang dihasilkan oleh pengrajin tenun ulos memiliki banyak motif dan variasi yang berbeda antara satu pengrajin dengan pengrajin lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yaitu Pengetahuan Kewirausahaan, EntrepreneurialSelf-Efficacy, Family Environment, Social Support, terhadap variabel terikat yaitu Minat Berwirausaha Tenun Ulos di Desa Sibalanga baik secara parsial dan simultan.Penelitian ini dilakukan dengan pra-survey dan membagikan kuesioner. Analisis data yang data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Populasi dalam Penelitian ini yaitu Generasi (anak) dari Penenun ulos di Desa Sibalanga dengan jumlah sampel 136 orang. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu secara parsial terdapat pengaruh positif namun tidak signifikan pengetahuan kewirausahaan, family environment, social supportterhadap minat berwirausaha tenun ulos di Desa Sibalanga dan Terdapat pengaruh positif dan signifikan entrepreneurial self-efficacy terhadap minat berwirausaha tenun ulos di Desa Sibalanga. Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikanantara variabel pengetahuan kewirausahaan, entrepreneurial self-efficacy,family environment, dan social support terhadap minat berwirausaha tenun ulos di Desa Sibalanga.
Collections
- Manajemen [1151]