PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI KEMBALI (STUDI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli kembali pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Universitas HKBP Nommensen Medan Stambuk 2018-2019. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 76 responden. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda untuk menganalisis hubungan variabel independen yaitu X1 (Produk), X2 (Harga), X3 (Promosi), X4 (Tempat), X5 (Orang) , X6 (Proses), X7 (Bukti Fisik) terhadap variabel dependen yaitu Y (Minat Beli Kembali).
Berdasarkan hasil yang diolah dapat diketahui bahwa variabel bauran pemasaran berpengaruh positif terhadap minat beli kembali. Hal ini dapat dilihat dari persamaan linear berganda yaitu Y = - 0,453 + 0,241X1 - 0.240X2 - 0,256X3 + 0,400X4 + 0,279X5 + 0,368X6 +
0,274X7. Dari hasil uji (parsil) produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli kembali,
harga berpengaruh signifikan terhadap minat beli kembali, promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli kembali, tempat berpengaruh signifikan terhadap minat beli kembali, orang berpengaruh signifikan terhadap minat beli kembali, proses berpengaruh signifikan terhadap minat beli kembali, bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap minat beli kembali.Hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan (Bersama-sama) kedua variabel bebas yaitu (produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan bukti fisik terhadap minat beli kembali).
Collections
- Manajemen [1151]