• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Psikologi
    • Ilmu Psikologi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Psikologi
    • Ilmu Psikologi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    GAMBARAN COPING STRESS IBU SELAMA MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARING DI SD SWASTA SANTO PETRUS

    Thumbnail
    View/Open
    NADA NIRWANA BERNIKA LUMBAN GAOL.pdf (430.2Kb)
    Date
    2022-11-01
    Author
    LUMBAN GAOL, NADA NIRWANA BERNIKA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sejak diumumkan adanya pandemi global virus Covid-19 yang mengharuskan setiap orang untuk bekerja di rumah (work from home). Salah satu yang mengalami dampak dari situasi Covid-19 adalah sektor pendidikan, yang berakibat pada penutupan luas sekolah, tidak menutup kemungkinan bahwa Ibu mempunyai peran penting didalam mengajari maupun mengawasi anak belajar daring. Adapun kesulitan yang dihadapi dari para ibu-ibu dalam menghadapi masa pandemi adalah kurangnya memahami materi pembelajaran anak, kesulitan untuk menumbuhkan minat belajar pada anak, sulit dalam mengawasi anak bermain gadget dan layanan internet. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat strategi stress apa yang digunakan oleh Ibu di SD Swasta Santo Petrus selama mendampingi anak belajar daring. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Ibu yang mendampingi anak belajar daring di SD Swasta Santo Petrus yang berjumlah 585 orang dengan jumlah sampel penelitian yaitu sebanyak 238 orang. Metode pengambilan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan skala psikologi. Data penelitian diambil menggunakan skala coping stress dan skala tingkat stress, bentuk pernyataan dari skala likert terdiri dari item favorable dan unfavorable. Skala coping stress terdiri dari 41 item dan skala tingkat stress terdiri dari 7 item. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tingka stress pada Ibu selama mendampingi anak belajar sistem daring di SD Swasta Santo Petrus, Medan masuk pada kategori Normal. Hasilnya menunjukkan bahwa persentase yang tinggi 90,3% sebanyak 215 orang tidak begitu mengalami tekanan, coping stress yang digunakan oleh Ibu dalam mendampingi anaknya belajar sistem daring di SD Swasta Santo Petrus, Medan adalah Escape atau Avoidance persentasenya 22,7% sebanyak 54 orang.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7418
    Collections
    • Ilmu Psikologi [306]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback