GAMBARAN COPING STRESS IBU SELAMA MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARING DI SD SWASTA SANTO PETRUS
Abstract
Sejak diumumkan adanya pandemi global virus Covid-19 yang mengharuskan setiap orang untuk bekerja di rumah (work from home). Salah satu yang mengalami dampak dari situasi Covid-19 adalah sektor pendidikan, yang berakibat pada penutupan luas sekolah, tidak menutup kemungkinan bahwa Ibu mempunyai peran penting didalam mengajari maupun mengawasi anak belajar daring. Adapun kesulitan yang dihadapi dari para ibu-ibu dalam menghadapi masa pandemi adalah kurangnya memahami materi pembelajaran anak, kesulitan untuk menumbuhkan minat belajar pada anak, sulit dalam mengawasi anak bermain gadget dan layanan internet.
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat strategi stress apa yang digunakan oleh Ibu di SD Swasta Santo Petrus selama mendampingi anak belajar daring. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Ibu yang mendampingi anak belajar daring di SD Swasta Santo Petrus yang berjumlah 585 orang dengan jumlah sampel penelitian yaitu sebanyak 238 orang. Metode pengambilan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan skala psikologi. Data penelitian diambil menggunakan skala coping stress dan skala tingkat stress, bentuk pernyataan dari skala likert terdiri dari item favorable dan unfavorable. Skala coping stress terdiri dari 41 item dan skala tingkat stress terdiri dari 7 item.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tingka stress pada Ibu selama mendampingi anak belajar sistem daring di SD Swasta Santo Petrus, Medan masuk pada kategori Normal. Hasilnya menunjukkan bahwa persentase yang tinggi 90,3% sebanyak 215 orang tidak begitu mengalami tekanan, coping stress yang digunakan oleh Ibu dalam mendampingi anaknya belajar sistem daring di SD Swasta Santo Petrus, Medan adalah Escape atau Avoidance persentasenya 22,7% sebanyak 54 orang.
Collections
- Ilmu Psikologi [287]