Show simple item record

dc.contributor.authorSINAGA, NOMI NOVERITA
dc.date.accessioned2022-10-31T07:46:18Z
dc.date.available2022-10-31T07:46:18Z
dc.date.issued2022-10-31
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7381
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan brainly sebagai sumber belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pegajahan tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Uji instrument penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan metode analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis secara parsial (uji t), uji hipotesis secara simultan (uji f), dan uji koefisien determinasi (R2). Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan SPSS Versi 22 terdapat persamaan analisi regresi linier berganda yaitu Y = 49,030 + 0,280 X1 + 0,471 X2 dan hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfataan brainly sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pegajahan. Berdasarkan uji t yaitu 3,541> 2,051. Dan selanjutnya hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pemanfaatan brainly sebagai sumber belajar dan motivasi belajar secara simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pegajahan berdasarkan uji f yaitu 7,011> 3,35. Dan berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) terdapat pengaruh pemanfaatan brainly sebagai sumber belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pegajahan sebesar 33,8% dan sisanya sebesar 66,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.en_US
dc.subjectPemanfaatan brainly sebagai sumber belajar,en_US
dc.subjectMotivasi belajar,en_US
dc.subjectPrestasi belajaren_US
dc.titlePENGARUH PEMANFAATAN BRAINLY SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 PEGAJAHAN TAHUN AJARAN 2022/2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record